Undangan Lomba Mitsubishi Asian Children’s Enikki Festa Sayembara Buku Harian Bergambar 2021 – 2022

Mari ikuti Lomba Mitsubishi Asian Children’s Enikki Festa Sayembara Buku Harian Bergambar 2021 – 2022 yang diadakan oleh Komite Hubungan Masyarakat Mistubishi Federasi dan Asosiasi UNESCO Club Asia Pasifik, Federasi Nasional Asosiasi UNESCO Jepang dan Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia serta didukung oleh UNESCO.

Enikki adalah buku harian bergambar (BHB) yang menceritakan peristiwa atau kejadian sehari-hari dalam bentuk lukisan dan disertai penjelasan singkat berupa tulisan. Enikki merupakan istilah dari bahasa Jepang yang berasal dari kata e yang berarti gambar dan nikki yang berarti catatan harian atau jurnal.

 

Sayembara Buku Harian Bergambar Enikki merupakan salah satu program kerja sama ASPnet dengan Galeri Nasional Indonesia, Komite Hubungan Masyarakat Mitsubishi, Federasi dan Asosiasi UNESCO Klub Asia Pasifik, serta Federasi Nasional Asosiasi UNESCO di Jepang. “Sayembara tersebut merupakan agenda tahunan ASPnet yang bertujuan untuk memberi pemahaman kepada anak-anak di dunia tentang kehidupan sehari-hari masyarakat Asia melalui buku bergambar harian (BHB) dan memberi kesempatan kepada mereka untuk saling bertemu dan berteman melalui buku harian bergambar tersebut, ujar Ketua Harian KNIU, Arief Rachman, pada acara Rapat Koordinasi Program Enikki Festa melalui Teknologi Informasi 2021–2022 tanggal 1–3 Maret 2021 di Aston Imperial Bekasi Hotel & Conference CenterBekasi, Jawa Barat.

Sayembara Buku Harian Bergambar Enikki dilaksanakan sejak tahun 1990. Peserta sayembara tersebut adalah anak-anak dari 24 negara di Asia, yaitu Bangladesh, Bhutan, Brunei Darussalam, Filipina, India, Indonesia, Kamboja, Kazakhstan, Korea Selatan, Laos, Malaysia, Maladewa, Mongolia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Republik Rakyat Tiongkok, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Timor Leste, Vietnam, dan Jepang.

Pada kesempatan ini ASPnet melalui Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) mengundang seluruh anak Indonesia untuk berpartisipasi dalam Sayembara Buku Harian Bergambar Enikki 2021/2022.

Sayembara Buku Harian Bergambar Enikki 2021/2022 mengangkat tema “Ini adalah Kehidupanku”. Peserta sayembara itu adalah anak-anak dari negara peserta tahun sebelumnya termasuk Indonesia.

Koordinator Nasional UNESCO Associated Schools Network (ASPNet), Hasnah Gasim, menyatakan bahwa Sayembara Buku Harian Bergambar Enikki 2021/2022 berbeda dengan sayembara di tahun sebelumnya. Sayembara kali ini dilaksanakan secara daring dan Indonesia menjadi contoh bagi negara lain untuk mengadakan lomba sesuai protokol kesehatan penanganan Covid-19. Peserta sayembara harus mengirimkan hasil karya dalam bentuk digital.

Koordinator Education for Sustainable Development (ESD) KNIU, Ananto Kusuma Seta,  menambahkan bahwa peserta harus mengutamakan orisinalitas dan kebaruan. Kebaruan tersebut berupa cerita yang mengangkat keberagaman Indonesia seperti budaya lokal yang mengandung nilai-nilai moral di dalamnya dan memberi manfaat bagi orang lain di sekitarnya.

Persyaratan dan ketentuan Sayembara Buku Harian Bergambar Enikki 2021/2022 adalah sebagai berikut.

Persyaratan:

  1. Peserta adalah anak-anak dengan usia 6—12 tahun atau siswa Sekolah Dasar I-VI;
  2. Setiap peserta harus mengumpulkan hasil karya sebanyak 5 (lima) lembar dalam bentuk digital (jpg).

Format karya:

  1. Setiap karya dibuat di atas kertas ukuran A4 (297 mm X 210 mm) secara vertikal / portrait;
  2. 2/3 halaman bagian atas untuk lukisan dan sisa 1/3 halaman bagian bawah untuk keterangan/deskripsi sebanyak 3—5 baris;
  3. Format karya berbentuk digital (dapat dipindai (scan) atau difoto dengan format jpg).

Kriteria karya:

  1. Karya seni harus asli (orisinal) dan belum pernah dipublikasikan;
  2. Karya seni yang menyalin dari buku, komik, koran, dsb., atau karya seni yang telah dipublikasikan tidak boleh didaftarkan dan akan didiskualifikasi;
  3. Gambar dan deskripsi cerita harus sesuai;
  4. Konten karya berupa kehidupan sehari-hari, keluarga, lingkungan, tradisi, dan budaya;
  5. Karya seni harus dibuat secara manual. Gambar harus dilukis dan dibuat oleh tangan peserta sendiri. Keterangan atau deskripsi gambar harus ditulis tangan oleh peserta sendiri. Karya seni yang dibuat dengan menggunakan aplikasi desain dan ketikan serta ditulis oleh orang lain selain peserta, maka akan didiskualifikasi.

Jadwal Sayembara:

  1. Pendaftaran: Maret–Agustus 2021;
  2. Seleksi nasional: September 2021 (tentatif);
  3. Seleksi internasional: April 2022;
  4. Penyerahan hadiah pemenang Grand Prix di Jepang: Oktober 2022.

Prosedur pengiriman karya:

  1. Setiap peserta diminta mengisi pendaftaran dengan lengkap;
  2. Hasil karya dapat dikirimkan kepada panitia melalui pos-el (e-mail)  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  dengan format berikut. Judul (subject): ENIKKI2021 – NAMA LENGKAP –  NAMA SEKOLAH – KOTA
  3. Setiap halaman hasil karya dinamai dengan “Gambar hal. (urutan cerita)” dan dilampirkan beserta Formulir Pendaftaran.

Informasi lebih lanjut dan formulir pendaftaran, sila unduh dokumen berikut 

https://aspnetind.org/documents/Enikki2021.pdf

 

 

 

Additional information